4 Tips Aman Berwisata di Dataran Tinggi

  • Whatsapp
4-Tips-Aman-Berwisata-di-Dataran-Tinggi
Foto dari Canva Pro

Berwisata saat liburan menjadi hal yang paling ditunggu baik bagi pekerja maupun anak sekolah. Begitu pula dengan agen wisata yang menyediakan paket wisata Bromo maupun paket wisata destinasi lainnya. Waktu liburan memang menjadi berkah tersendiri bagi pengelola wisata dan masyarakat di sekitar lokasi wisata.

Salah satu destinasi wisata favorit adalah di daerah dataran tinggi yang memiliki hawa sejuk dan udara segar. Tetapi tidak jarang juga lokasi dataran tinggi padat pengunjung sehingga menyulitkan akses Anda untuk menikmati wisata sepenuhnya.

Read More

Berwisata di Dataran Tinggi

Supaya tidak kecewa telah jauh-jauh ke lokasi wisata di dataran tinggi, ada baiknya Anda mempersiapkan segala hal dengan baik sebelum berangkat. Berikut ulasan mengenai tips berwisata aman di dataran tinggi untuk Anda:

1. Pilih transportasi

Persiapkan bagaimana Anda akan menuju ke lokasi wisata dataran tinggi. Apabila Anda pergi bersama keluarga besar akan lebih baik menggunakan mobil yang memberikan kenyamanan untuk perjalanan jauh.

Namun Anda juga tetap bisa menggunakan sepeda motor dengan catatan harus lebih berhati-hati. Apabila jumlah rombongan Anda banyak, tidak ada salahnya untuk menyewa travel atau armada bus kecil untuk mengantar rombongan sampai tujuan.

2. Tentukan Anggaran

Selain perjalanan yang aman, saat liburan pun sebisa mungkin dompet harus tetap aman. Buatlah anggaran untuk kegiatan liburan Anda dan pertimbangkan promo yang ditawarkan agen-agen wisata.

Paket wisata Bromo maupun dataran tinggi lainnya akan memberikan potongan harga yang fantastis pada saat liburan. Anda dapat menikmati wisata tanpa khawatir ada yang terlewat. Pertimbangkan setiap prioritas yang masuk ke dalam anggaran Anda.

3. Persiapkan Perlengkapan

Dataran tinggi mempunyai suhu yang lebih rendah dibandingkan di kota atau tempat tinggal Anda. Kondisi air di dataran tinggi bisa mendekati angka 5 derajat Celcius. Jika tubuh Anda kaget maka hal itu bisa membuat tubuh sakit dan tidak bisa menikmati liburan dengan puas.

Bawalah perlengkapan yang cocok digunakan saat di dataran tinggi. Bawalah jaket tebal, hindari mengenakan kaos oblong, serta jangan melupakan payung atau jas hujan. Jangan lupa pula membawa obat-obat pribadi dan pereda nyeri.

4. Perhitungkan Waktu Tempuh

Perjalanan menuju lokasi wisata dataran tinggi melewati medan berkelok dan naik turun. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengatur waktu keberangkatan dan waktu tiba. Hindari sampai lokasi wisata pada malam hari karena jalan akan sulit dikenali. Selain itu, berkendara di malam hari juga beresiko mengantuk yang lebih tinggi dibandingkan dengan siang hari.

Jika waktu tempuh sangat lama, tidak ada salahnya Anda beristirahat jika merasa capek. Sudah banyak rest area yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan tenaga usai mengemudi jarak jauh. Selain itu, Anda juga bisa meminta teman atau anggota keluarga lainnya untuk bergantian mengemudi.

Itulah tips bagi Anda yang bisa dipersiapkan sebelum memutuskan untuk berangkat berwisata ke dataran tinggi. Kenali karakteristik lokasi wisata tujuan Anda dan persiapkan perlengkapan dengan sebaik mungkin agar perjalanan lancar dan liburan menyenangkan.

Ketika Anda ingin didampingi dengan guide, Anda bisa meminta di lokasi pintu masuk atau memilih membeli paket wisata Bromo atau lokasi lainnya. Paket yang ditawarkan akan sangat beragam mulai dari pendampingan, makan, transportasi hingga dokumentasi foto. Anda tidak perlu ribet dan bingung lagi mengatur jadwal selama berada di lokasi. Jika liburan bersama keluarga dan mengajak anak, pastikan Anda tidak lalai mengawasi anak, ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *