7 Langkah Mencuci Handuk yang Benar Agar Bebas Dari Kuman dan Jamur

0
7

Seperti bahan baju lain, handuk dapat jadi sumber kuman. Bila dipakai bersama oleh sebagian orang, kuman bisa beralih antar pemakainya. Kuman pada handuk dapat menebar waktu disentuh oleh tangan yang kotor atau saat dicuci dengan baju atau bahan kain lain.

Membersihkan handuk mandi harus bisa bersihkan kotoran sekaligus juga hilangkan kuman. Berikut cara-cara yang bisa dikerjakan:

  1. Handuk mandi dan type baju langsung bersentuhan dengan kulit, seperti baju dalam, kaos kaki, serta sprei, semestinya dicuci dengan suhu tinggi serta memakai produk deterjen pencerah baju (oxygen bleach) yang aman. Bila mempunyai kulit peka, Anda dapat memakai produk pencuci baju yang memiliki bahan lembut serta terlabel “hypoallergenic”.
  2. Handuk mandi yang digunakan bersama atau mungkin dipakai oleh orang yang alami infeksi, beresiko tinggi menebarkan kuman. Diluar itu, handuk mandi yang dipakai sesudah olahraga, dipakai waktu memasak, atau yang telah kotor oleh cairan badan seperti urine, muntah atau tinja, sangat beresiko menebarkan kuman. Handuk mandi yang beresiko tinggi ini dianjurkan
  3. untuk dicuci memakai suhu air 60 derajat Celcius dengan deterjen bubuk serta bahan pemutih (bleach).
  4. Waktu membersihkan handuk beresiko tinggi, semestinya dipisah dengan handuk atau baju lain. Untuk menghindarkan berlangsungnya infeksi waktu membersihkan handuk mandi atau baju beresiko tinggi infeksi, pakai sarung tangan serta selekasnya bersihkan tangan sesudah membersihkan baju.
  5. Usai membersihkan handuk mandi, jemur dalam tempat yang kering atau terserang cahaya matahari langsung, untuk menolong membunuh kuman.
  6. Jauhi tinggalkan cucian atau handuk mandi yang telah dicuci kelamaan di mesin pencuci, sebab bisa mengakibatkan mengembangnya kuman. Selekasnya jemur atau alihkan ke mesin pengering sesudah proses pencucian usai. Serta yakinkan untuk bersihkan permukaan handuk atau baju dari apapun sebelum menyetrika serta melipatnya.
  7. Janganlah lupa untuk teratur bersihkan mesin pencuci dengan pembersih desinfektan.

Walau mengubah handuk mandi dianjurkan dikerjakan tiap minggu, tetapi bila handuk telah terlihat kotor atau bau, semestinya selekasnya ditukar. Bila terlihat masalah kulit atau penyakit lain, cepatlah konsultasi ke dokter spesialis kulit. Untuk menahan penyebaran penyakit, penting untuk jaga kebersihan diri serta perlengkapan pribadi, terhitung handuk, serta tidak share gunakan handuk dengan orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here