Atasi Anemia Saat Menstruasi Dengan 4 Cara Ini

0
5

Tiap wanita mempunyai skema menstruasi yang berlainan. Anda yang seringkali alami menstruasi berat butuh siaga sebab Anda lebih rawan alami anemia. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda kerjakan untuk mencegahnya:

1. Konsumsi makanan tinggi zat besi

Zat besi ialah elemen penting pembentuk hemoglobin di sel darah merah. Hemoglobin berperan mengikat oksigen serta membawanya ke semua badan. Tanpa ada konsumsi zat besi yang cukup, sel darah merah tidak dapat bawa oksigen secara baik.

Ini membuat Anda rawan alami anemia defisiensi besi, khususnya waktu menstruasi. Buat menahan anemia waktu menstruasi, Sebaiknya anda meningkatkan mengonsumsi makanan tinggi zat besi misalnya:

  • Sayuran berwarna hijau, contohnya bayam, kangkung, kale, serta brokoli
  • Daging merah serta hati
  • Makanan laut, khususnya kerang serta tiram
  • Kacang kedelai serta olahannya, kacang polong, kacang mede, lentil, dan chickpea
  • Biji labu serta quinoa
  • Bahan makanan lain yang sudah diperkaya dengan zat besi

2. Konsumsi makanan yang menolong penyerapan zat besi

Konsumsi bahan makanan yang kaya zat besi saja kadang belum cukup untuk menghadapi anemia. Masalahnya penyerapan zat besi dapat terhalang oleh makanan tinggi kalsium, teh, kopi, dan produk susu yang Anda mengonsumsi tiap hari.

Waktu Anda alami menstruasi, coba batasi minuman dan makanan itu buat menahan munculnya anemia. Sebaliknya, Anda butuh konsumsi makanan yang bisa tingkatkan penyerapan zat besi. Salah satunya:

  • Jeruk, lemon, serta buah-buahan sitrus semacamnya
  • Mangga, melon, pepaya, semangka, serta buah-buahan kaya vitamin C yang lain
  • Sumber vitamin A seperti paprika merah, wortel, serta aprikot
  • Daging ayam serta ikan

3. Memakai KB hormon

Pada siklus menstruasi normal, produksi progesteron bertambah beberapa waktu sebelum menstruasi. Dinding rahim juga menebal supaya siap menyokong perkembangan embrio. Mendekati menstruasi, jumlahnya progesteron makin turun. Dinding rahim semakin tipis serta luruh sepanjang menstruasi.

Tidak seimbangan hormon bisa mengakibatkan rahim menebal terlalu berlebih. Mengakibatkan, Anda alami perdarahan menstruasi yang lebih kronis. Kehilangan banyak darah sepanjang menstruasi pada akhirnya membuat Anda rawan pada anemia.

KB hormon menolong menahan anemia waktu menstruasi dengan menyamakan hormon pada tubuh Anda. Alat KB yang Anda pakai memiliki kandungan hormon yang bisa menipiskan rahim hingga Anda tidak alami perdarahan terlalu berlebih.

4. Menangani permasalahan kesehatan sebagai sebabnya

Tidak hanya tidak seimbangan hormon, ada permasalahan kesehatan lain yang mengakibatkan perdarahan hebat sepanjang menstruasi. Salah satunya tumor rahim, polip, masalah peranan ovarium, pemakaian KB non-hormonal, sampai kanker.

Bila bermacam permasalahan kesehatan ini belum diatasi, Anda akan alami menstruasi berat sebagai penyebab anemia. Coba konsultasi dengan dokter untuk menjumpai permasalahan kesehatan pada badan Anda serta memastikan penanganannya.

Anemia sepanjang menstruasi bisa menghalangi Anda pada jalani pekerjaan seharian. Keadaan ini umumnya berlangsung pada wanita yang alami perdarahan hebat sepanjang menstruasi.

Kunci menahan anemia waktu menstruasi ialah jaga kecukupan zat besi serta menangani unsur pemicu menstruasi hebat. Supaya hasilnya maksimal, tanyakan juga keadaan kesehatan Anda pada dokter yang tepercaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here