Dilansir dari SehatQ.com, Inilah 5 Penyebab Kurang Darah yang Perlu Anda Tahu

  • Whatsapp
Dilansir-dari-SehatQ.com-Inilah-5-Penyebab-Kurang-Darah-yang-Perlu-Anda-Tahu
Foto dari Canva Pro

Apakah Anda sering merasa lesu dan mudah lelah ketika beraktivitas? Jika iya, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda Anda mengalami kurang darah. Dilansir dari SehatQ.com, kurang darah yang juga disebut sebagai anemia adalah kondisi dimana sel darah merah dibawah normal atau kondisi saat sel darah merah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Memiliki tubuh yang sehat memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Lain halnya ketika Anda memiliki suatu penyakit, yang mana Anda diharuskan untuk beristirahat sehingga aktivitas menjadi terbengkalai. Begitu pula ketika Anda mengalami kurang darah, yang tentu saja Anda tidak bisa beraktivitas dengan lancar. Apalagi kurang darah ini akan membuat Anda lebih mudah lelah, pusing, lesu, napas pendek, dan lainnya.

Read More

Penyebab Kurang Darah

Lantas apa saja penyebab anemia ini? Berikut informasinya.

1. Kurang gizi

Dikutip dari SehatQ.com, untuk meningkatkan produksi sel darah merah dibutuhkan adanya asupan vitamin dan mineral yang cukup. Tidak hanya itu saja, untuk memproduksi hemoglobin juga dibutuhkan vitamin B12, zat besi dan asam folat (B9). Apabila zat-zat tersebut tidak terpenuhi, maka akan membuat tubuh kekurangan gizi sehingga sel darah merah tidak dapat diproduksi secara optimal. Untuk itu usahakan untuk memenuhi nutrisi tubuh dengan menerapkan pola makan yang seimbang.

2. Kekurangan zat besi

Seperti yang telah disinggung di poin sebelumnya, zat besi sangat berpengaruh terhadap pembentukan hemoglobin. Artinya, ketika kebutuhan tubuh akan zat besi tidak terpenuhi dengan baik, maka proses produksi sel darah merah serta pembentukan hemoglobin tidak akan berlangsung optimal sehingga mengakibatkan kurang darah atau anemia.

3. Menurunnya kinerja usus

Ketika seseorang mengalami permasalahan pada usus, hal ini memungkinkan membuat usus mengalami penurunan kinerja. Alhasil usus tidak dapat menyerap vitamin B12 dengan baik. Jika kondisi tersebut berlangsung terus menerus, ini akan membuat produksi sel darah merah dan hemoglobin terhambat. Inilah kenapa banyak ditemukan kasus dimana orang yang memiliki masalah pada ususnya juga berpotensi mengalami kurang darah.

4. Pendarahan

Bagi wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur juga rentan mengalami anemia. Terlebih jika setiap bulannya darah yang dikeluarkan sangat banyak. Pendarahan yang disebabkan dari luka yang berdarah terus menerus juga memungkinkan Anda mengalami kurang darah. Jika mendapati bagian tubuh terluka dan berdarah, usahakan untuk segera mengobatinya agar tidak terjadi pendarahan berlebih.

5. Penyakit ginjal

Sumsum tulang bisa memproduksi sel darah merah juga didukung oleh peran ginjal. Artinya, saat ginjal bermasalah dan tidak dapat memproduksi hormon, maka produksi sel darah merah akan terhambat.

Demikianlah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kurang darah atau anemia. Selalu jaga kesehatan dengan pola makan seimbang, olahraga, dan istirahat yang cukup. Namun jika Anda merasakan gejala-gejala yang mengindikasikan anemia, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan medis.

Untuk lebih meyakinkan perihal keluhan yang Anda rasakan, Anda bisa mencari informasi seputar penyakit melalui platform SehatQ. Di SehatQ.com, Anda bisa menemukan berbagai artikel kesehatan yang ditulis oleh dokter ahli sehingga lebih terpercaya.

Selain itu, di SehatQ Anda juga bisa mencari informasi tentang RS terdekat sehingga nantinya Anda bisa melakukan pemeriksaan kesehatan dengan mudah. Bahkan jika Anda belum sempat ke RS, Anda bisa melakukan konsultasi kesehatan secara online dengan adanya fitur Chat Dokter. Platform kesehatan online ini menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang memiliki keluhan penyakit karena bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *