Jenis Jamu Tradisional Indonesia, Kaya Manfaat dan Jaga Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp
Jenis-Jamu-Tradisional-Indonesia-Kaya-Manfaat-dan-Jaga-Kesehatan-Tubuh
Foto dari Canva Pro

Sejak dulu, Indonesia dikenal sebagai negara penghasil banyak rempah-rempah. Bahan-bahan ini banyak digunakan sebagai bahan dasar jamu, yang dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh. Dibuat hanya dengan beberapa macam tumbuhan, ramuan ini dapat mengobati berbagai penyakit ringan seperi flu, masuk angin, hingga menghilangkan bau badan. Berikut jenis jamu tradisional yang sudah lama dikonsumsi sebelum obat medis banyak dijual seperti sekarang.

Dibuat Dari Bahan Alami, Tanpa Efek Samping

1. Beras Kencur

Beras kencur merupakan salah satu jamu yang populer di Indonesia. Ramuan ini terbuat dari campuran kencur dan beras yang dihaluskan lalu disaring airnya. Kencur membuat jamu ini memiliki rasa sedikit pedas di tenggorokan. Namun, setelah meminumnya badan akan terasa menjadi lebih segar. Di dalam segelas jamu beras kencur, terdapat kandungan antioksidan yang dapat menjaga tubuh terserang penyakit seperti batuk, gatal pada tenggorokan, dan gejala flu.

Read More

2. Temulawak

Temulawak memiliki berbagai macam manfaat kesehatan. Tanaman ini memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, hingga serat. Oleh karena itu, temulawak dapat dijadikan bahan dasar jamu tradisional. Manfaat utama dari temulawak adalah dapat mengatasi masalah pencernaan dan menambah nafsu makan. Cara paling mudah untuk membuat jamu ini adalah dengan mencampur air  rebusan temulawak dan gula merah.

3. Kunyit Asam

Campuran kunyit dan asam jawa ini, menjadi salah satu jenis jamu tradisional yang banyak dikonsumsi masyarakat. Khasiatnya dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit, bahkan menghindari kanker. Kandungan dalam kunyit asam, juga dapat meredakan nyeri. Biasanya, jamu ini banyak dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengalami nyeri akibat haid. Selain bermanfaat bagi kesehatan, jamu ini memiliki rasa yang segar sehingga disukai banyak orang.

Ramuan herbal seperti jamu ini menjadi salah satu andalan bagi masyarakat ketika sakit. Dibuat dari bahan sederhana, khasiat dari jamu tradisional sama ampuhnya dengan obat-obatan medis. Selain menyehatkan, jamu dapat dikonsumsi secara aman setiap hari tanpa menimbulkan efek samping bagi yang meminumnya. Saat ini, jamu tradisional sudah banyak dikemas dalam bentuk yang lebih modern dan dijual luas menembus pasar luar negeri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *