Sesak Nafas Karena Stres, Begini Cara Mengatasinya

0
15

Waktu hadapi kondisi yang menyebabkan depresi, otak Anda ada pada tempat fight or flight (menantang atau lari). Hipotalamus pada otak, sisi yang merangsang produksi hormon, selanjutnya mengirim signal ke arah kelenjar adrenal untuk melepas hormon kortisol serta adrenalin.

Ke-2 hormon itu tingkatkan beberapa peranan badan, terhitung denyut jantung buat meningkatkan saluran darah ke arah organ-organ penting. Pergerakan napas Anda akan bertambah mencolok untuk memenuhi keperluan oksigen semua badan secara cepat.

Proses ini sebetulnya bermanfaat untuk menyiapkan badan dalam menyikapi bahaya. Tetapi saat yang sama, hormon depresi bisa mempersempit otot-otot aliran pernafasan serta pembuluh darah.

Pernafasan jadi tidak efisien sebab tanpa ada sadar Anda menarik napas dengan pendek serta cepat, bukan perlahan-lahan serta dalam sama dengan keadaan normal. Semua pergantian ini pada akhirnya membuat Anda sesak napas waktu alami depresi.

Tidak hanya saat depresi, Anda dapat juga alami kesusahan bernapas waktu merasakan cemas, kuatir, grogi, atau serta bersedih. Ke-3 keadaan ini menyebabkan reaksi hormon yang sama hingga dampaknya juga sama pada badan Anda.

Langkah menangani sesak napas waktu depresi

Depresi serta sesak napas yang menyertainya memang tidak dapat dihindari, tetapi Anda bisa coba meredakannya dengan tehnik rileksasi simpel. Saat depresi mulai menempa, cari tempat yang tenang untuk bikin diri Anda lebih santai.

Selanjutnya, turuti beberapa langkah seperti berikut:

  1. Mengencangkan otot-otot badan Anda, lalu biarlah santai kembali.
  2. Pikirkan otot-otot Anda mengendur dengan perlahan-lahan serta badan Anda mulai berasa berat.
  3. Kosongkan pemikiran Anda dari semua pemikiran.
  4. Biarlah badan Anda makin santai.
  5. Coba rasakan ketenangan di seputar Anda.
  6. Demikian waktu rileksasi hampir selesai, kembalikan kesadaran Anda dengan menggerakkan ke-2 tangan serta kaki. Regangkan badan Anda, lalu kembalilah bergerak seperti biasa.
  7. Sesak napas waktu depresi dipacu oleh dampak hormon kortisol serta adrenalin pada tubuh Anda. Ini adalah keadaan normal yang akan lebih baik dengan sendirinya. Anda juga tak perlu
  8. merasakan kuatir sepanjang sesak napas cuma berlangsung kadang-kadang.

Tetapi, Sebaiknya anda konsultasi dengan dokter jika sesak napas berjalan terus-terusan atau jadi parah tanda-tanda penyakit pernafasan yang Anda derita. Kontrol selanjutnya akan menolong Anda temukan perlakuan yang pas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here